Kontent apa yang anda inginkan dari KomIT?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:

PERBEDAAN HARDWARE, SOFTWARE & BRAINWARE

  • adun
  • Topic Author
  • Offline
  • Fresh Boarder
  • Fresh Boarder
Selengkapnya
3 bulan 2 minggu yang lalu - 3 bulan 2 minggu yang lalu #5 oleh adun
Komponen-Komponen Komputer

Computer terbagi dalam tiga komponen utama yang tidak bisa dipisahkan yakni ;

Hardware (piranti keras), Adalah perlengkapan fisik dari computer yang bisa kita lihat serta rasakan. Hardware ini terbagi dalam ;

Input/Output Piranti (I/O Piranti) terbagi dalam piranti input serta keluaran, seperti keybord serta printer.

Storage Piranti (piranti penyimpanan) adalah media untuk menaruh data seperti disket, hard disk, CD-I, flash disk dan lain-lain.

Monitor/Screen Monitor adalah fasilitas untuk tampilkan apakah yang kita tuliskan pada papan keyboard sesudah di proses oleh processor. Monitor dimaksud dengan juga Visual Display Unit (VDO).

Cassing Unit merupakan tempat dari semua perlengkapan computer, baik itu mother board, card, peripheral lainnya serta Central Procesing Unit (CPU). Cesing Unit ini dimaksud dengan juga Sistem Unit.

Central Processing Unit (CPU) merupakan salah satunya sisi computer yang sangat terpenting, karena type processor memastikan juga type computer. Baik tidaknya satu computer, type computer, harga computer, dipastikan terpenting oleh type prosesornya. Makin canggiah processor computer, karena itu kekuatannya akan makin baik serta umumnya harga nya akan makin mahal.

Software (piranti lunak, adalah program-program computer yang bermanfaat untuk menggerakkan satu pekerjaan sama dengan yang diinginkan. Program itu ditulis dengan bhs spesial yang imengerti oleh computer. Software terbagi dalam beberapa macam, yakni ;

Skema Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell. OS/2, Windows, merupakan software yang berperan untuk aktifkan semua piranti yang terpasang pada computer hingga masing-masingnya bisa sama-sama berkomunikasi. Tanpa skema operasi karena itu computer tidak bisa digunakan benar-benar.

Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dan lain-lain. Program utility barfungsi untuk menolong atau isi kekurangan/kekurangan dari sistem operasi, contohnya PC Tools bisa lakukan perintaah format seperti DOS, tetapi PC Tools dapat memberi info serta animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang sudah di hapus oleh DOS tidak bisa dikembalikan lagi tetapi dengan program bantu hal seperti ini bisa dikerjakan.

Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dan lain-lain. Adalah program yang spesial lakukan satu pekerjaan spesifik, seperti program upah dalam satu perusahaan. Karena itu program ini cuma dipakai oleh sisi keuangan saja tidak bisa dipakai oleh departemen yang lainnya. Umumnya program crystal x aplikasi ini dibikin oleh seseorang programmer computer sama dengan keinginan/keperluan seorang/instansi/perusahaan untuk kepentingan interennya.

Program Paket, seperti Microsoft office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dan lain-lain Merupakan program yang disusun demikian rupa hingga bisa dipakai oleh beberapa orang dengan beberapa kebutuhan. Seperti MS-office, bisa dipakai oleh departemen keuangan untuk bikin nota, atau sisi adminstrasi untuk bikin surat penawaran dan lain-lain.

Bhs Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic dan lain-lain. Adalah software yang spesial dipakai untuk bikin program computer, apa itu skema operasi, program paket dan lain-lain.


Brainware (User)

User merupakan personal-personal yang ikut serta secara langsung dalam penggunaan computer, seperti Sistem analis, programmer, operator, user dan lain-lain. Pada organisasi yang lumayan besar, permasalahan komputerisasi umumnya diakukan oleh sisi spesial yang diketahui dengan sisi EDP (Electronick Data Processing), atau seringkali dimaksud dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seseorang Manager EDP.

Nama lainnya dari software dimaksud dengan juga piranti lunak. Seperti nama yang lain itu, yakni piranti lunak, sifatnyapun berlainan dengan hardware atau piranti keras, bila piranti keras merupakan komponen yang riil yang bisa disaksikan serta disentuh oleh manusia, karena itu software atau piranti lunak tidak bisa disentuh serta disaksikan dengan fisik, software memang tidak terlihat dengan fisik serta tidak berwujud benda tetapi kita dapat mengoperasikannya.

Pemahaman software merupakan beberapa kumpulan data elektronik yang disimpan serta ditata oleh computer, data elektronik yang disimpan oleh computer itu bisa berbentuk program atau instruksi yang akan menggerakkan satu perintah. Lewat software atau piranti lunak berikut satu computer.

Pemahaman dari hardware atau dalam bhs indonesianya dimaksud dengan juga nama piranti keras merupakan salah satunya komponen dari suatu computer yang karakter serta alatnya dapat disaksikan serta diraba oleh manusia dengan cara langsung atau yang berupa riil, yang berperan untuk mensupport proses komputerisasi.
Last edit: 3 bulan 2 minggu yang lalu oleh adun.

Silahkan Masuk atau Membuat account untuk bergabung

© 2018 Komunitas IT - Pringsewu